Kandang Khusus Sabung Ayam

Diposting pada

Kandang Khusus Sabung AyamKandang Khusus Sabung Ayam

Kandang Khusus Sabung Ayam dapat di buat dengan mudah. Dimana terdapat beberapa hal penting dalam pembuatannya yang harus diperhatikan.

Pembuatan kandang untuk sabung ayam harus memperhatikan beberapa hal penting. Dimana hal ini sering di cari agar peliharan sabung ayam dapat menjaga kesehatannya.

Karena kandang yang tepat merupakan salah satu faktor untuk mencegah penyakit datang dan menjangkit unggas peliharaan favorit kita.

Dimana dengan kandang yang tepat, akan membuat unggas aduan dapat beraktivitas secara normal, dan beristirahat dengan baik.

Karena kandang yang baik akan memberikan perlindungan kepada ayam sebagai rumah tempatnya beristirahat. Untuk bahan yang harus di persiapkan tidak harus dari bahan yang mahal.

Karena pembuatan kandang sabung ayam dapat di lakukan memakai kayu maupun bambu bekas yang tidak kotor dan tidak lapuk. Karena kayu bekas dapat di beli dengan harga yang cukup murah.

Hal Penting Dalam Pembuatan Kandang Ssabung Ayam

Ukuran Kandang

Kalian harus menentukan telrebih dahlu ukuran dari kandang yang ingin di buat. Berapa jumlah ayam yang igngin dimasukkan ke dalam kandang tersebut

PosisiĀ  Kandang

Hal ini perlu di perhatikan, karena khusus untuk sabung ayam, kandang antar ayam harus di pisahkan paling tidak memiliki jarak 5 meter tiap kandangnya.

Dan terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan ayam, kesehatan, dan juga kebersihan pada kandangnya.

Karena dengan menjaga kebersihan pada kandang, adalah hal yang baik untuk mencegah penyakit menjangkit ayam yang masih sehat.

Dan untuk kandangnya, pastikan memiliki tinggi yang cukup agar tidak terkena genangan air pada saat hujan.

Dan anda dapat juga arahkan kandang kearah timur, agar ayam mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup untuk mendapatkan vitamin dari matahari.

Bahan Kandang

Bahan kandang yang baik tidak harus mahal seperti yang telah di sebutkan sebelumnya. Dimana kalian dapat menggunakan kayu bekas yang tidak kotor dan sudah di bersihkan.

Selain sebagai dinding, kalian harus memperhatikan bahan yang di gunakan sebagai atapnya. Dimana kalian harus mencari bahan yang dapat melindungi ayam dari panas dan dinginnya temperatur dan bisa melindungi unggas dari hujan dengan baik.

Salah satu bahan atap yang mudah di dapatkan dan relatif murah adlah dari Ijuk, selain itu penggunaan terpal juga di bilang baik untuk unggas di berbagai kondisi.

Selain itu ada baiknya lantai terbuat dari semen agar mudah membersihkan kotoran ayam.

Desain Kandang

Jika kalian ingin membuat kandang yang tepat, carilah model kandang yang baik. DImana terdapat beberapa jenis kandang seperti postal dan juga baterai.

Untuk postal, merupakan kandang yang tidak ada pemisahnya, dimana tipe kandang ini cocok untuk anak ayam dan juga ayam hias. Dimana kandang ini memiliki banyak desain yang menarik dari kotak hingga melingkar.

Dan untuk kandang tipe baterai akan memiliki pemisah yang dapat memisahkan ayam dengan baik. Dimana kandang tipe ini dapat di bangun dengan berbagai ukuran.

Persiapan Sebelum Membuat Kandang

Persiapkan perlengkapan serta kumpulkan bahan

Untuk membuat sendiri kandang ayam, perlengkapan yang umumnya akan di butuhkan adalah gergaji untukj memotong kayu mapupun bambu setelah amplas, palu, paku dengan ukuran yang sesuai dengan kayu yang di pakai.

Selain itu perlengkapan untuk mengukur seperti meteran dan juga pensil. Jangan lupa menggunakan sarung tangan untuk menghindari luka luar.

Setelah perlengkapan ada lengkap, selanjutnya kumpulkan bahan yang ingin dipakai untuk membuat kandang ayam tersebut.

Jika ingin membuat kandang ayam yang sederhana, kalian bisa gunakan kayu dengan ukuran 2 cm x 4 cm. Dan kalian dapat juga gunakan bambu sebagai bahannya.

Tips selanjutnya, gunakan bambu yang sudah tua dan kering. Karena bambu yang telah tua dan kering tidak akan mudah rusak juga tahan lama.

Sedangkan untuk bagian atap, gunakan bahan yang tahan dengan panas dan juga hujan seperti seng, genteng ataupun ijuk.

Buat kerangka

Untuk tahap ini kalian dapat desain terlebih dahulu ingin membuat kandang dengan bentuk seperti apa.

Setelah mengetahui bentuk kandang tersebut dengan gambaran yang dibuat. Silahkan potong kayu sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Dalam membuat rangka, kalian harus memberi kaki kandang dengan panjang paling tidak 10 cm. Akan tetapi jika desain kandang kalian tanpa alas, maka hal tersebut tidak diperlukan.

untuk jumlah kaki tersebut, pastinya disesuaikan dengan panjang kandang. Jadi, jika kandang yang ingin di buat dan didesain lumayan panjang, otomatis kaki yang diperlukan semakin banyak sebagai penyangga agar kandang tidak melengkung.

Kalian harus menyediakan tempat untuk menampung kotoran dari ayam. Dimana penampungan kotoran tersebut harus mudah di ambil dan di bersihkan untuk menjaga kesehatan ayam di dalam kandang.

Pasang dinding

Bahan dingding bisa di sesuaikan dengan bahan yang ada. Jika kalian menggunakan bambu, dapat di gunakan sebagai dingding dengan harga yang murah.

Akan tetapi jika kalian tidak memiliki bambung yang cukup, sebagai alternatifnya, anda dapat menggunakan jaring besi sebagai dingdingnya.

Pasang atap Kandang

untuk atap, Harus di buat miring pada salah satu sisinya. Dimana pada bagian depan kandang (pintu) harus lebih tinggi daripada bagian belakang.

Pastikan ukuran dari atap lebih besar dari panjang dan lebar rangka. Agar hujan tidak mudah masuk ke dalam kandang.

Dan usahakan tiap sisi atap lebih panjang dari kerangka dengan minimal panjang 30 cm.

Baca juga : Obat Untuk Sabung Ayam