Jamu Ayam Bangkok Petarung

Diposting pada

Jamu Ayam Bangkok PetarungBahan dan Cara Membuat Jamu Ayam Bangkok Petarung

Jamu Ayam Bangkok Petarung merupakan ramuan alami yang dapat di racik sendiri. Dan menggunakan bahan – bahan alami yang aman untuk ayam aduan.

Dimana tidak hanya manusia, jamu merupakan minuman tradisional yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan untuk manusia. Akan tetapi jamu dari bahan alami tersebut juga sangat berguna untuk ayam bangkok petarung.

Dimana setiap bumbu yang di kandung di dalam jamu akan memiliki banyak manfaat. Dan untuk memberikan jamu tersebut, bisa di campurkan ke bahan makanan petarung dengan mudah.

Salah satu manfaat yg sangat berguna untuk ayam adalah menjaga kesehatan ayam. Dimana jamu mampu untuk menjaga kekebalan tubuh yg di miliki oleh sabung ayam.

Selain sebagai penjaga kesehatan, jamu untuk ayam juga di nilai mampu untuk di gunakan sebagai obat ayam yg sedang sakit.

Berikut ini adalah bahan – bahan alami yg di gunakan di dalam ramuan penambah tenaga, yg di buat untuk proses persiapan jamu untuk petarung bangkok.

Bahan Alami Pembuatan Jamu di Indonesia

Madu

Madu merupakan bahan alami yg bisa di gunakan sebagai suplemen alami yg memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ayam bangkok.

Dab madu dapat berguna sebagai bahan anti biotik alami, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga madu dapat mencegah ayam terkena penyakit dengan mudah.

Selain itu madu sangat berguna untuk penambah tenaga pada ayam. Karena madu mengandung bahan – bahan seperti :

  • Glukosa
  • Protein
  • Fruktosa
  • Kalsium

Oleh karena itu madu merupakan jenis bahan jamu yg sering di pakai, baik untuk pengobatan, maupun penambah tenaga.

Belut

Belut merupakan ikan yg memiliki zat leusin yg membantu perkembangan otot pada petarung ayam bangkok. Ayam yg mengkonsumsi bahan ini akan memiliki otot sehat dan juga kuat.

Jika otot yg dimiliki oleh petarung bangkok sehat dan kuat, maka ia akan memiliki serangan yg fatal jika tepat sasaran. Oleh karena itu, pemberian pakan berupa daging belut sebelum bertanding mampu membantu ayam agar memiliki tenaga yg lebih.

Kunyit

Bahan alami kunyit adalah bumbu yang sering di gunakan oleh pengadu dan perawat ayam petarung  untuk menjaga kesehatan ayam petarung.

Hal tersebut di karenakan bumbu ini memiliki zat kurkumin yang bermanfaat sebagai penjaga kesehatan ayam petarung dari bangkok.

Zat kurkumin sangat berperan dan berfungsi sebagai anti virus, anti biotik, anti mikroba, dan juga anti kolesterol.

Gula Merah

Adalah bahan dapur yang sering di tambahkan pada pakan ayam. Dan gula merah juga berfungsi sebagai peningkat stamin yang dimiliki oleh ayam sebelum pertandingan.

Gula merah ini memeriliki berbagai nutrisi yang meliputi vitamin, mineral, protein, garam, zat besi, dan juga asam folat.

Selain itu, bahan ini juga dimanfaatkan sebagai bumbu penambah tenaga seperti kunyit, karena memiliki kandungan glukosa di dalamnya.

Temu Lawak

Merupakan bahan yang di percaya sebagai penambah nafsu makan dari ayam maupun untuk manusia. Dan jika bumbu ini di makan oleh petarung bangkok, nafsu makan yang dimiliki oleh ayam tersebut akan meningkat.

Dan bahan ini cocok untuk ayamn yang berada pada masa pemulihan setelah sakit.

Bawang Putih

Merupakan bahan dapur yang memiliki banyak fungsi baik untuk manusia, maupun jamu untuk ayam. Bawan puitih ini sangat baik sebagai bumbu dengan anti biotik natural.

Dimana bahan tersebut baik untuk kesehatan ayam yang dapat di berikan sebagai jamu untuk ayam. Kandungan nutrisi pada bawang juga sangat baik untuk ayam yang sendang melakukan masa pemilihan.

Jamu Para Petarung Juara

Berikut ini adalah beberapa jamu yang bisa kalian racik sendiri dan buat dengan mudah.

Resep 1

Siapkan bahan – bahan berikut ini terlalbih dahulu. Dan dapat di jadikan sebagai pedoman atau panduan untuk memhbuat jamu khusus ayam di Indonesia.

  • 1kg Jahe
  • ½ Kg Kunyit
  • 1 Kg Gula Merah
  • ½ kg kopi bubuk
  • Daun – duanan herbal sebagai penambah bahan jamu bangkok tersebut.

Panduan racikan jamu petarung

  1. Siapkan jahe dan juga kunyit, setelah itu cuci bahan – bahan tersebut sehingga bersih.
  2. Setelah itu kalian dapat haluskan bumbu tersebut menjadi halus. Dan dapat menggunakan blender maupun menggunakan parutan.
  3. Campur semua bahan tersebut bersama dengan kopi bubuk yang telah di persiapkan sebelumnya.
  4. Selanjutnya kalian bisa rebus air sambil menambahkan gula merah sampai air rebusan menjadi sedikit kental.
  5. Setelah mengental, masukan campuran jahe dan juga kunyit, kopi, seerta dedaunan herbal yang di persiapkan sebelumnya.
  6. Setelah itu aduk terus menerus, sehingga cairan tersebut menjadi lebih kental dan menjadi seperti adonan kue.
  7. Dan jika semuanya sudah selesai, adonan yang masih lembek tersebut bisa kalian bentuk butiran – butiran kecil yang sesuai pada ayam petarung.
  8. Pemberiannya harus diperhatikan, karena kalian dapat memberikan jamu pakan tersbut sekali sehari setiap hari.

Resep 2

Merupakan resep yang bisa di buat dengan bahan – bahan yang mudah di dapatkan. Dimana  bahannya adalah memakai air, jahe, dan juga kunir.

Untuk merubah bahan tersebut menjadi jamu yang baik untuk ayam petarung bangkok. Kalian dapat lakukan dengan merebus air yang di berikan geprekan jahe dan juga kunir.

Kenapa jahe dan kunir harus di geprek saat merebusnya?. Hal tersebut di lakukan agar sari – sari dari kedua bahan tersebut dapat masuk ke dalam air, dan tercampur dengan rata.

Apabila kalian telah selesai menbuatnya, silahkan berikan air tersebut kepada ayam setiap hari pada waktu pagi dan juga sore.

Baca juga : Ayam Petarung Filipina Terbaik