Perawatan Sabung Ayam Setelah Bertanding

Diposting pada

Perawatan Ayam Setelah Bertanding di Arena Sabung AyamPerawatan Ayam Setelah Bertanding Sabung Ayam

Cara Perawatan Sabung Ayam bisa di lakukan dengan mudah dan rutin. Dimana ayam yang telah bertanding pada umumnya susah untuk makan.

Di setiap pertandingan, ayam  – ayam yang di adu akan saling bertukar serangan yang dapat melukai dan sangat menguras stamina. Oleh karena itu pasca pertandingan, ayam akan mengalami kelelahan yang menyebabkan ayam sabung susah makan.

Jika ayam petarung sabung ayam tersebut dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan. Maka petarung tersebut akan mengalmi infeksi, kelumpuhan, bahkan nyawanya bisa terancam.

Dan jika perawataanya tidak benar juga, ayam akan beresiko mengalami drop mental. Yang akan menyebabkan ayam terlihat seperti ketakutan.

Langkah Perawatan Setelah Bertanding Yang Baik dan Benar

Berikut ini, adalah cara dan langkah yang benar dalam perawatan agar ayam kembali seperti semula setelah bertanding di arena sabung ayam.

Sembuhkan luka luar pada ayam sabung

Setelah ayam bertanding di arena sabung ayam. Pastinya terdapat luka – luka luar yang di sebabkan oleh serangan dari ayam lawan.

Dimana luka tersebut dapat menimbulkan infeksi jika dibiarkan tanpa melakukan perawatan. Pada umumnya, bagian – bagian yang perlu di perhatikan dalam memeriksa bagian tubuh ayam adalah pada bagian sayap, leher, kepala, dan juga kakinya (Ceker).

Akan tetapi ada baiknya, memeriksa seluruh bagian tubuh pada ayam sabung. Perawatan ini bisa di lakukan dengan cara mirip seperti pada manusia. Karena dengan penggunaan Betadine atau obat merah bisa menyembuhkan ayam dari luka – lukanya dan bisa mencegah infeksi.

Dimana selain mengunakan obat merah, penggunaan anti biotik bisa di lakukan dengan meneteskannya ke luka pada ayam sebagai perawatan pertama. Dan pastikan kalian menghindari penggunaan obat yang mengandung larutan iodium.

Karena larutan tersebut menyebabkan luka pada ayam menjadi susah sembuh atau susah hilang.

Perbaiki Nafsu Makan Ayam

Seperti yang di jelaskan secara singkat sebelumnya, sehabis ayam bertanding di arena sabung ayam. Nafsu makan yang mereka miliki akan berkurang drastis, bahkan susah untuk makan.

Oleh karena itu ayam harus di berikan nutrisi yang di perlukan untuk sementara waktu dalam bentuk susu cair. Dimana kalian harus memaksakan ayam untuk meminum susu cair tersebut hingga nafsu makannya kembali seperti semula.

Setelah jika ayam mau makan dengan sendirinya, berikan ramuan alami dengan campuran seperti berikut ini.

  • Minyak Ikan, sangatlah terbukti dengan efek yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. Dimana minyak ikan memiliki senyawa dengan protein dan vitamin yang baik untuk meningkatkan nafsu makan ayam.
  • Terasi, pemakaian terasi di dalam pakan ayam dapat berfungsi untuk penambah nafsu makan. Dimana terasi memiliki protein yang sangat tinggi. Dan terasi yang baik untuk ayam adalah terasi yang terbuat dari udang rebon. Akan tetapi dalam pemberian bahan ini tidak boleh terlalu banyak atau berlebihan.
  • Temulawak, adalah salah satu bahan alami dan tradisional dari Indonesia. Karena bahan ini memiliki banyak fungsi dan sering di gunakan untuk menambahkan nafsu makan baik untuk ayam maupun manusia.
  • Kencur, adalah bahan alami yang berfungsi sebagai penambah nafsu makan apda ayam. Akan tetapi bahan kencur ini tidak membantu secara langsung dalam perawatan nafsu makan pada ayam. Dimana kencur kayan akan minyak atsiri yang memberikan efek segar untuk pencernaan, dan melancarkan pencernaan.

Setelah ayam memiliki nafsu makan yang normal, silahkan berikan pakan yang biasa anda berikan. Tentunya dengan diet  – diet untuk ayam petarung.

Sembuhkan luka dalam pada ayam sabung

Selain luka luar, setelah bertanding di arena sabung ayam. Petarung kita juga akan mengalami luka dalam.

Walau hal tersebut susah untuk di kenali, kita harus memperhatikan hal tersebut juga. Dimana gejala – gejalan yang dapat dilihat dalam ayam adalah pernafasan ayam menjadi tidak normal.

Untuk mengobati ayam dengan gejala tersebut. Kalian bisa lakukan dengan memberikan antibiotik dan juga wajib di berikan vaksin. Hal tersebut wajib kalian lakukan agar tidak terjadi komplikasi terhadap ayam.

Pemisahan ayam petarung dengan ayam lain

Setelah ayam bertanding di arena sabung ayam, perawatan lainnya dapat di lakukan dengan memisahkan ayam petarung tersebut dari ayam lain.

Karena tenaganya yang terkurang ayam petarung ktia dapat di serang oleh ayam lain. Oleh karena itu, pisahkan ayam tersebut dengan ayam lain.

Selain karena hal tersebut, pemisahan dengan ayam lain akan membantu mental ayam menjadi stabil.

Mengembalikan Stamina Untuk Perawatan Ayam Petarung

Selanjutnya, kalian dapat melakukan perawatan dengan memberikan vitamin dan juga suplemen agar stamina ayam kembali seperti semua. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan meracik jamu dengan bahan alami yang dapat di peroleh dengan mudah di pasar maupun toko – toko jamu.

Bahan – bahan yang dapat di gunakan sebagai penambah stamin contohnya adalah sebagai berikut.

  • Beras
  • Kencur basarh
  • Telur Bebek
  • Madu
  • Gula Aren
  • dan sebagainya.

Selain itu kalian bisa kembalikan stamina ayam edengan memandikannya secara rutin dan teratur menggunakan air sirih.

Dengan begitu kalian dapat lepaskan pejantan ini di dalam satu kandang dengan ayam babon. Agar mentalnya dapat kembali seperti semula.

Dan jika petarung ayam sabung tersebut telah kembali normal. Kalian dapat melatih kembali ayam tersebut untuk laga pertarungan selanjutnya.

Dengan persiapan – persiapan yang dapat di lakukan agar ayam kembali siap dalam mengalahkan lawan dengan baik dan menang.

Baca juga : Kandang Khusus Sabung Ayam